1.
Perencanaan organisasi adalah proses menentukan
bagaimanan organisasi bisa mencapai tujuannya.
-
Kharakteristik Perencanaan
Ø
Perencanaan
adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk
mencapai tujuannya. Dalam istilah resmi perencanaan didefinisikan sebagai
perkembangan sistematis dari pogram tindakan yang ditunjukan pada pencapaian
tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi
diantara peluang-peluang yang diprediksi terlebih dahulu.
Ø
Tujuan
Perencanaan
Tujuan yang mendasar dari perencanaan adalah membantu organisasi mencapai tujuannya. memiliki dua maksud yaitu perlindungan dan kesepakatan (Protective dan Affirmative). Maksud Protektif adalah meminimalisir resiko dengan mengurangi ketidak-pastian disekitar kondisi Bisnis dan menjelaskan konsekuensi tindakan manajemen yang berhubungan. Tujuan Affirmatif adalah membentuk usaha terkoordinasi didalam sebuah organisasi. Tanpa adanya perencanaan biasanya disertai dengan tidak adanya koordinasi dan timbulnya keidak efisienan
Tujuan yang mendasar dari perencanaan adalah membantu organisasi mencapai tujuannya. memiliki dua maksud yaitu perlindungan dan kesepakatan (Protective dan Affirmative). Maksud Protektif adalah meminimalisir resiko dengan mengurangi ketidak-pastian disekitar kondisi Bisnis dan menjelaskan konsekuensi tindakan manajemen yang berhubungan. Tujuan Affirmatif adalah membentuk usaha terkoordinasi didalam sebuah organisasi. Tanpa adanya perencanaan biasanya disertai dengan tidak adanya koordinasi dan timbulnya keidak efisienan
Ø Keuntungan
Program Perencanaan:
o Membantu
wiraswastawan berorientasi ke masa depan
Ø Koordinasi
keputusan
Ø Menenkankan
tujuan organisasional
Ø Kekurangan
Program Perencanaan:
o Penekanan
pada program perencanaan akan memakan banyak waktu manajemen
o Manajemen
harus membagi antara waktu yang digunakan dalam perencanaan dengan waktu yang
digunakanuntuk fungsi manajemen lainnya.
v Jenis
– Jenis Perencanaan
o
Aktivitas
perencanaan bisa dibagi menjadi dua yaitu:
o
Perencanaan
strategis, yaitu perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi
secara keseluruhan.
v Perencanaan taktis, yaitu perencanaan jangka pendek
yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan.
v Perencanaan
dan Tingkatan Manajemen
o Manajemen
puncak dari organisasi mempunyai tanggung jawab utama untuk melihat apakah
perencanaan sudah dilaksanakan apa tidak. Walaupun semua tingkatan manajemen
terlibat dalam proses perencanaan, manajemen tingkat atas biasanya menggunakan
waktu perencanaan yang lebih banyak dibandingkan manajemen tingkat bawah.
Ø Pendekatan – Pendekatan dalam Perencanaan
o Ada
tiga pendekatan untuk melaksanakan fungsi perencanaan
o Pendekatan
probabilitas tinggi
Ø Pendekatan
maksimasi
Ø Pendekatan
adaptasi
Ø Rencana – Rencana
§ Rencana adalah
suatu tindakan tertentu yang diusulkan untuk membantu organisasi dalam
pencapaian tujuan.
o Empat Dimensi
suatu Rencana :
o Perulangan
dimensi yang menguraikan jangka dimana suatu rencana digunakan dari waktu ke
waktu
o Waktu dimensi
adalah jangka periode waktu yang diliput oleh rencana, baik jangka panjang
maupun jangka pendek
Ø Jangkauan dimensi
menguraikan bagian dari sistem manajemen total dimana rencana ditujukan
Ø Tingkatan dimensi
menunjukkan tingkatan organisasi yang dirancang untuk tingkatan manajemen
puncak, rencana tingkat menengah dan bawah untuk manajemen menengah dan bawah
dimana sistem manajemen ini saling tergantung
Ø Jenis – Jenis Rencana
o Rencana Tetap
o Kebijaksanaan-Kebijaksanaan
o Suatu
kebijaksanaan merupakan rencana tetap yang memberi garis pedoman luas pada
penyaluran manajemen pada arah tertentu, manajemen dituntun kearah pengambilan
tindakan yang konsisten dengan pencapaian tujuan organisasional
o Prosedur
o Merupakan rencana
tetap yang menguraikan lebih spesifik tindakan yang berhubungan yang harus
diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu
o Aturan-Aturan
o Merupakan rencana
tetap yang merancang suatu tindakan tertentu yang diperlukan menunjukkan apa
yang harus dilakukan oleh anggota organisasi dan apa yang tidak boleh dilakukan
Ø Rencana Sekali
Pakai
Ø Program
o Merupakan rencana
sekali pakai yang dirancang untuk melaksanakan suatu proyek khusus dalam
organisasi dimana keberadaan program ini untuk pencapaian tujuan yang dapat
diselesaikan
Ø Anggaran
o Merupakan rencana
keuangan sekali pakai yang meliputi jangka waktu tertentu. Anggaran perusahaan
adalah rencana detail tentang bagaimana dana akan dibelanjakan
-
Alat – Alat
Perencanaan
o Peramalan
(Forecasting)
v Peramalan adalah
teknik prediksi terjadinya lingkungan masa depan yang akan mempengaruhi operasi
organisasi
o Metode Analisa
Runtun Waktu (Time Series Analysis Method)
v Memprediksi
penjualan dimasa datang dengan menganalisa hubungan historis antara waktu dan
penjualan yang biasa disajikan dalam bentuk grafik
o Penjadwalan
(Scheduling)
v Merupakan proses
perumusan daftar aktivitas mendetail yang harus dilaksanakan untuk mencapai
tujuan organisasi. Daftar aktivitas merupakan bagian integral dari rencana
organisasional
v Dua macam
penjadwalan :
o Peta Gant (Gant
Chart) yang merupakan diagram balok dengan waktu horizontal dan sumber daya
vertikal
o PERT (Program
Evaluation and Review Technique) merupakan aktivitas proyek yang menunjukkan
estimasi waktu yang diperlukan
good post!
AntwoordVee uit