Sondag 13 Julie 2014

adella/2da02 perencanaan organisasi



1.        Perencanaan organisasi adalah proses menentukan bagaimanan organisasi bisa mencapai tujuannya.
-          Kharakteristik Perencanaan
Ø  Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya. Dalam istilah resmi perencanaan didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari pogram tindakan yang ditunjukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi diantara peluang-peluang yang diprediksi terlebih dahulu.

Ø  Tujuan Perencanaan
Tujuan yang mendasar dari perencanaan adalah membantu organisasi mencapai tujuannya. memiliki dua maksud yaitu perlindungan dan kesepakatan (Protective dan Affirmative). Maksud Protektif adalah meminimalisir resiko dengan mengurangi ketidak-pastian disekitar kondisi Bisnis dan menjelaskan konsekuensi tindakan manajemen yang berhubungan. Tujuan Affirmatif adalah membentuk usaha terkoordinasi didalam sebuah organisasi. Tanpa adanya perencanaan biasanya disertai dengan tidak adanya koordinasi dan timbulnya keidak efisienan
Ø  Keuntungan Program Perencanaan:
o   Membantu wiraswastawan berorientasi ke masa depan
Ø  Koordinasi keputusan
Ø  Menenkankan tujuan organisasional
Ø  Kekurangan Program Perencanaan:
o   Penekanan pada program perencanaan akan memakan banyak waktu manajemen
o   Manajemen harus membagi antara waktu yang digunakan dalam perencanaan dengan waktu yang digunakanuntuk fungsi manajemen lainnya.

v  Jenis – Jenis Perencanaan
o   Aktivitas perencanaan bisa dibagi menjadi dua yaitu:
o   Perencanaan strategis, yaitu perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi secara keseluruhan.
v  Perencanaan taktis, yaitu perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan.

v  Perencanaan dan Tingkatan Manajemen
o   Manajemen puncak dari organisasi mempunyai tanggung jawab utama untuk melihat apakah perencanaan sudah dilaksanakan apa tidak. Walaupun semua tingkatan manajemen terlibat dalam proses perencanaan, manajemen tingkat atas biasanya menggunakan waktu perencanaan yang lebih banyak dibandingkan manajemen tingkat bawah.

Ø  Pendekatan – Pendekatan dalam Perencanaan
o   Ada tiga pendekatan untuk melaksanakan fungsi perencanaan
o   Pendekatan probabilitas tinggi
Ø  Pendekatan maksimasi
Ø  Pendekatan adaptasi

Ø  Rencana – Rencana
§  Rencana adalah suatu tindakan tertentu yang diusulkan untuk membantu organisasi dalam pencapaian tujuan.
o   Empat Dimensi suatu Rencana :
o   Perulangan dimensi yang menguraikan jangka dimana suatu rencana digunakan dari waktu ke waktu
o   Waktu dimensi adalah jangka periode waktu yang diliput oleh rencana, baik jangka panjang maupun jangka pendek
Ø  Jangkauan dimensi menguraikan bagian dari sistem manajemen total dimana rencana ditujukan
Ø  Tingkatan dimensi menunjukkan tingkatan organisasi yang dirancang untuk tingkatan manajemen puncak, rencana tingkat menengah dan bawah untuk manajemen menengah dan bawah dimana sistem manajemen ini saling tergantung

Ø  Jenis – Jenis Rencana
o   Rencana Tetap
o   Kebijaksanaan-Kebijaksanaan
o   Suatu kebijaksanaan merupakan rencana tetap yang memberi garis pedoman luas pada penyaluran manajemen pada arah tertentu, manajemen dituntun kearah pengambilan tindakan yang konsisten dengan pencapaian tujuan organisasional
o   Prosedur
o   Merupakan rencana tetap yang menguraikan lebih spesifik tindakan yang berhubungan yang harus diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu
o   Aturan-Aturan
o   Merupakan rencana tetap yang merancang suatu tindakan tertentu yang diperlukan menunjukkan apa yang harus dilakukan oleh anggota organisasi dan apa yang tidak boleh dilakukan
Ø  Rencana Sekali Pakai
Ø  Program
o   Merupakan rencana sekali pakai yang dirancang untuk melaksanakan suatu proyek khusus dalam organisasi dimana keberadaan program ini untuk pencapaian tujuan yang dapat diselesaikan
Ø  Anggaran
o   Merupakan rencana keuangan sekali pakai yang meliputi jangka waktu tertentu. Anggaran perusahaan adalah rencana detail tentang bagaimana dana akan dibelanjakan

-         Alat – Alat Perencanaan
o   Peramalan (Forecasting)
v  Peramalan adalah teknik prediksi terjadinya lingkungan masa depan yang akan mempengaruhi operasi organisasi
o   Metode Analisa Runtun Waktu (Time Series Analysis Method)
v  Memprediksi penjualan dimasa datang dengan menganalisa hubungan historis antara waktu dan penjualan yang biasa disajikan dalam bentuk grafik
o   Penjadwalan (Scheduling)
v  Merupakan proses perumusan daftar aktivitas mendetail yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi. Daftar aktivitas merupakan bagian integral dari rencana organisasional
v  Dua macam penjadwalan :
o   Peta Gant (Gant Chart) yang merupakan diagram balok dengan waktu horizontal dan sumber daya vertikal
o   PERT (Program Evaluation and Review Technique) merupakan aktivitas proyek yang menunjukkan estimasi waktu yang diperlukan

1 opmerking: